Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

Satuan Acara Penyuluhan (SAP)


Halo sahabat delta neh ada sediki Arsip dari ane dulu waktu ane masih kuliah semester 3 waktu praktek dirumah sakit dan disuruh melakukan penyuluhan,ternyata harus ada formatnya juga loh..bayangin aja udah bwat materi,liflet bikin formatnya juga hehehehe curhat neh..
oke sapa tau dari para sahabat delta ada yang membutuhkan ya sengaja saya tulis di blog ne kalau di buku takut kna banjir kan repot toh,NAh silahkan kalau mau kopi Semoga bermanfaat ya.




FORMAT SATUAN ACARA PENGAJARAN
PENYULUHAN KESEHATAN

Topik                           : Hipertensi
Sub Topik                    : Cara mengatasi hipertensi
Sasaran                        : Pasien
Target                          : Pasien dengan Hipertensi
Hari / Tanggal              : Rabu, 9 februari 2011
Waktu                         : 25 menit
Tempat                        : Ruang Poli Penyakit Dalam

I.       Tujuan
a.       Tujuan Instruksional Umum (TIU):
Setelah diberikan penyuluhan selama 25 menit, pasien dapat mengetahui tentang penyakit hipertensi.
b.      Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Setelah diberikan penyuluhan selama 25 menit pasien dapat memahami tentang :
-          Pengertian / Apa itu hipertensi
-          Jenis hipertensi
-          Penyebab
-          Gejala
-          Penanganan
II.           Strategi Penyampaian
a.       Metode : Ceramah dan diskusi
b.      Media   : Flipt bookLeafflat

III.        Materi Terlampir
IV.        KegiatanPendidikanKesehatan
No
Kegiatan
Penyuluh
Keluarga/Pasien
Waktu
1.






2.










   3.
Pembukaan
-        Salam
-        Perkenalan
-        Menjelaskan tujuan penyuluhan dan kontrak waktu penyuluhan
KegiatanInti
-        Menjelaskan tentang pengertian Hipertensi,
-        Menjelaskan jenis hipertensi
-        Menjelaskan penyebab tekanan darah tinggi
-        Menjelaskan tentang gejala Hipertensi
-        Menjelaskan cara penanganan hipertensi.
-        Menanyakan kembali tentang pengertian, jenis, penyebab, gejala dan penanganan Hipertensi
-        Salam



Edi Heriyanto







Edi Heriyanto







Edi Heriyanto



Pasien







    Pasien







Pasien



5 menit







10 menit







10 menit

          V.           Evaluasi
a.       Evaluasi Struktur
-          SAP sudah dibuat dan dikoreksi
-          Leafflat sudah dibuat dan dikoreksi
-          Materi penyuluhan sudah di kuasai
b.      Evaluasi Pelaksanaan
-          Pasien aktif bertanya
-          Pasien mendengarkan dengan serius
-          Pasien dapat memahami pengertian, jenis, penyebab, gejala dan cara mengatasi hipertensi.
c.       Evaluasi Hasil
-          Pasien dapat menyebutkan pengertian hipertensi
-          Pasien dapat menyebutkan jenis­ – jenis hipertensi
-          Pasien dapat menyebutkan penyebab hipertensi
-          Pasien dapat menyebutkan gejala dan cara penanganan hipertensi

VI.        Materi penyuluhan
a.       Pengertian Hipertensi
b.      Jenis hipertensi
c.       Penyebab hipertensi
d.      Gejala dan cara penanganan hipertensi

 





                                                                                                                         

                                                                                                                        Jakarta, 12 oktober 2010
                                                                                                                                      Penyuluh



                                                                                                                                 (  Edi Heriyanto )